Prakarya

(Pendidikan)

Oleh: smp negeri merek
Modul Ajar Prakarya

Kerajinan Tekstil


Kerajinan Tekstil

 

 

 

 

 

MODUL AJAR

KERAJINAN BAHAN SERAT DAN TEKSTIL

 

PRAKARYA 7 (Ganjil)

Feby Fasya Nuur Syaffanah, S.Pd

SMP IT HAYATAN THAYYIBAH Kota Sukabumi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.GURU PENGGERAK.


 


 

Profil Pelajar Pancasila


Mandiri

 

Kreatif

 

Beriman dan Bertaqwa

Bernalar Kritis


 

 

 

                                       


Deskripsi Umum:

Peserta didik akan melakukan pembuatan kerajinan dari bahan serat dan tekstil sehingga dapat mengembangkan kemampuan kreativitas dalam bidang kerajinan

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN GURU:

1.               Pembelajaran Berbasis Proyek

2.               Hasil yang diharapkan sesuai

dengan tujuan pembelajaran

3.               Proses pembuatan (observasi) menjadi penilaian terbesar

 

PERSIAPAN (120 MENIT):

Menyediakan    video    ajar     dan

melakukan persiapan demonstrasi

 

 

 

 
Sarana & Prasarana: Power Point, Video ajar, Alat dan Bahan Kerajinan Bahan Serat dan Tekstil (dengan biaya)

Model Pembelajaran: Tatap Muka

Kegiatan Pembelajaran: Individu

Metode Pembelajaran:              Eksplorasi,              Permainan, Diskusi, Demonstrasi, Project, Presentasi Asesmen: Individu (Observasi, Presentasi dan Produk)


CAPAIAN PEMBELAJARAN

 






TUJ UAN PEMBELAJ ARAN

 


 

 

 

 

 


CAPAIAN PEMBELAJARAN

 

 

 




 

 



Text Box: 7 . 1 . 2 Pe s e r ta  d i d ik  m e n ga n a l i s i s c a r a   p e m b u a t a n ke r a j i n a n    b a h a n     s e r a t     d a n     te k s t i l     d i s e s u a i k a n d e n ga n ke a r i f a n l o k a l

 




 

 


AKTIVITAS BELAJAR


                                                                                                                                                          

 




 

Text Box: PERTEMUAN 1 (100 MENIT)LEMBAR KEGIATAN:

 

LEMBAR EKSPLORASI (LAMPIRAN)


                                                                                                                   

 




 

 

Text Box: PERTEMUAN 2 (100 MENIT)LEMBAR KEGIATAN:

 

Peta Pikiran Solusi (Lampiran)


                                                                                                                   

 




 

 

Text Box: PERTEMUAN 3 (100 MENIT)LEMBAR KEGIATAN:

 

Proposal Proyek (Lampiran)


                                                                                                                   

 




 

Text Box: PERTEMUAN 4 (100 MENIT)Catatan:

Kegiatan dilakukan sesuai rancangan pada proposal proyek dan guru menilai sesuai rubrik penilaian melalui lembar penilaian produk.


                                                                                                                   

 




 

Text Box: PERTEMUAN 5 (100 MENIT)Catatan:

Kegiatan dilakukan sesuai rancangan pada proposal proyek dan guru menilai sesuai rubrik penilaian melalui lembar penilaian produk.


                                                                                                                   

 




 

Text Box: PERTEMUAN 6 (100 MENIT)LEMBAR KEGIATAN:

 

Jurnal Refleksi Proyek (Lampiran)




Aspek

Ahli (4)

Berkembang (3)

Menengah (2)

Pemula (1)

 

Eksplorasi

Peserta didik menyimak materi yang disampaikan dan mencatat sesuai dengan materi yang disampaikan

Peserta didik menyimak sebagian materi yang disampaikan dan mencatat sesuai dengan materi yang disampaikan

Peserta didik menyimak materi yang disampaikan dan mencatat tanpa adanya kesesuaian dengan materi yang disampaikan

Peserta didik tidak menyimak materi yang disampaikan namun mencatat tanpa adanya kesesuaian dengan materi yang disampaikan (sebaliknya)

 

Perencanaan

Siswa melengkapi proposal proyek dengan lengkap dan detail. Serta penyelesaian masalah sesuai, logis, dan kreatif.

Siswa melengkapi proposal proyek dengan lengkap. Serta penyelesaian masalah sesuai dan logis

Peserta      didik      melengkapi lebih dari setengah proposal proyek.     Serta     penyelesaian masalah tidak realistis.

Siswa melengkapi kurang dari setengah proposal proyek. Serta penyelesaian masalah tidak ada.

 

Pelaksanaan

Seluruh keperluan proyek disiapkan dengan matang dan dapat menyelesaikan tantangan secara mandiri.

Hampir semua keperluan proyek disiapkan dengan matang dan dapat menyelesaikan tantangan dengan sedikit bantuan guru.

Sebagian keperluan proyek disiapkan dan dapat menyelesaikan             sebagian tantangan secara mandiri.

Semua keperluan proyek tidak disiapkan dan menyelesaikan seluruh tantangan dengan bantuan guru.

 

Kontrol

Kondisi setelah pelaksanaan proyek dipantau dan dicatat secara berkala dalam lembar Kontrol.

Kondisi setelah pelaksanaan proyek dipantau namun hanya sebagian yang dicatat dalam lembar Kontrol.

Kondisi setelah pelaksanaan proyek dipantau sekali dan hasilnya dicatat dalam lembar Kontrol.

Siswa tidak memantau kondisi setelah pelaksanaan proyek.

 

Jurnal Refleksi

Peserta didik dapat menjelaskan hasil proyek, perkembangan diri, dan partisipasinya dalam proyek secara mendalam. Lembar jurnal refleksi diisi dengan lengkap.

Peserta didik dapat menjelaskan hasil proyek, perkembangan diri, dan partisipasinya dalam proyek. Lembar jurnal refleksi diisi dengan lengkap.

Peserta           didik           dapat menjelaskan hasil proyek/ perkembangan                    diri/ partisipasinya dalam proyek. Lembar jurnal refleksi tidak lengkap.

Tidak mengisi lembar jurnal refleksi

 

 

R U B R I K

 

P E N I L A I A N




 

 

 

 

 

 


Text Box: DAFTAR PUSTAKA











 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Text Box: LAMPIRAN


LEMBAR EKSPLORASI

 

 




 

 

 

 

 

 

 


 

NAMA: ...................

KELAS: ..................


JAWABAN SEHARUSNYA:

 

-----------------------------------------------------------------

 

-----------------------------------------------------------------


Nama: .........................................                                                                                                  Kelas : .........................................

Peta Pikiran Solusi

 


Isilah dengan solusi dari masalah yang muncul


Kamu dapat menambah

lingkaran baru


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NILAI





Nama: .........................................                                                                                                         Kelas : .........................................

Proposal Proyek

 

 

1.     




Apa masalah yang ingin diselesaikan?

2.     Bagaimana cara penyelesaian masalah tersebut?

3.    




Apa alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan proyek?

 


4.     Bagaimana langkah-langkah pembuatannya


NILAI



Nama: .........................................


Jurnal Refleksi Proyek


Kelas : .........................................




















 



Anggota: .........................................                                                                                                         Kelas : .........................................

Penilaian Produk

 

Aspek Penilaian

Nilai

Bobot

Jumlah

1

2

3

4

5

Kesesuaian Tema

 

 

 

 

 

10%

 

Kreasi dan Inovasi

 

 

 

 

 

10%

 

Kualitas Produk

        Kerapihan

        Bahan

        Warna

 

 

 

 

 

60%

 

Keindahan

 

 

 

 

 

20%

 

Jumlah

100%

 

Text Box: Nilai = (skor x bobot) / 5Kriteria penskoran 1: tidak sesuai (0%)

2: kurang sesuai (1-25%)

3: cukup sesuai (26-50%)

4: sesuai (51-75%)

5: sangat sesuai (76-100%)

 

 

 

 

 

MODUL AJAR

KERAJINAN BAHAN SERAT DAN TEKSTIL

 

PRAKARYA 7 (Ganjil)

Feby Fasya Nuur Syaffanah, S.Pd

SMP IT HAYATAN THAYYIBAH Kota Sukabumi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.GURU PENGGERAK.


 


 

Profil Pelajar Pancasila


Mandiri

 

Kreatif

 

Beriman dan Bertaqwa

Bernalar Kritis


 

 

 

                                       


Deskripsi Umum:

Peserta didik akan melakukan pembuatan kerajinan dari bahan serat dan tekstil sehingga dapat mengembangkan kemampuan kreativitas dalam bidang kerajinan

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN GURU:

1.               Pembelajaran Berbasis Proyek

2.               Hasil yang diharapkan sesuai

dengan tujuan pembelajaran

3.               Proses pembuatan (observasi) menjadi penilaian terbesar

 

PERSIAPAN (120 MENIT):

Menyediakan    video    ajar     dan

melakukan persiapan demonstrasi

 

 

 

 
Sarana & Prasarana: Power Point, Video ajar, Alat dan Bahan Kerajinan Bahan Serat dan Tekstil (dengan biaya)

Model Pembelajaran: Tatap Muka

Kegiatan Pembelajaran: Individu

Metode Pembelajaran:              Eksplorasi,              Permainan, Diskusi, Demonstrasi, Project, Presentasi Asesmen: Individu (Observasi, Presentasi dan Produk)


CAPAIAN PEMBELAJARAN

 






TUJ UAN PEMBELAJ ARAN

 


 

 

 

 

 


CAPAIAN PEMBELAJARAN

 

 

 




 

 



Text Box: 7 . 1 . 2 Pe s e r ta  d i d ik  m e n ga n a l i s i s c a r a   p e m b u a t a n ke r a j i n a n    b a h a n     s e r a t     d a n     te k s t i l     d i s e s u a i k a n d e n ga n ke a r i f a n l o k a l

 




 

 


AKTIVITAS BELAJAR


                                                                                                                                                          

 




 

Text Box: PERTEMUAN 1 (100 MENIT)LEMBAR KEGIATAN:

 

LEMBAR EKSPLORASI (LAMPIRAN)


                                                                                                                   

 




 

 

Text Box: PERTEMUAN 2 (100 MENIT)LEMBAR KEGIATAN:

 

Peta Pikiran Solusi (Lampiran)


                                                                                                                   

 




 

 

Text Box: PERTEMUAN 3 (100 MENIT)LEMBAR KEGIATAN:

 

Proposal Proyek (Lampiran)


                                                                                                                   

 




 

Text Box: PERTEMUAN 4 (100 MENIT)Catatan:

Kegiatan dilakukan sesuai rancangan pada proposal proyek dan guru menilai sesuai rubrik penilaian melalui lembar penilaian produk.


                                                                                                                   

 




 

Text Box: PERTEMUAN 5 (100 MENIT)Catatan:

Kegiatan dilakukan sesuai rancangan pada proposal proyek dan guru menilai sesuai rubrik penilaian melalui lembar penilaian produk.


                                                                                                                   

 




 

Text Box: PERTEMUAN 6 (100 MENIT)LEMBAR KEGIATAN:

 

Jurnal Refleksi Proyek (Lampiran)




Aspek

Ahli (4)

Berkembang (3)

Menengah (2)

Pemula (1)

 

Eksplorasi

Peserta didik menyimak materi yang disampaikan dan mencatat sesuai dengan materi yang disampaikan

Peserta didik menyimak sebagian materi yang disampaikan dan mencatat sesuai dengan materi yang disampaikan

Peserta didik menyimak materi yang disampaikan dan mencatat tanpa adanya kesesuaian dengan materi yang disampaikan

Peserta didik tidak menyimak materi yang disampaikan namun mencatat tanpa adanya kesesuaian dengan materi yang disampaikan (sebaliknya)

 

Perencanaan

Siswa melengkapi proposal proyek dengan lengkap dan detail. Serta penyelesaian masalah sesuai, logis, dan kreatif.

Siswa melengkapi proposal proyek dengan lengkap. Serta penyelesaian masalah sesuai dan logis

Peserta      didik      melengkapi lebih dari setengah proposal proyek.     Serta     penyelesaian masalah tidak realistis.

Siswa melengkapi kurang dari setengah proposal proyek. Serta penyelesaian masalah tidak ada.

 

Pelaksanaan

Seluruh keperluan proyek disiapkan dengan matang dan dapat menyelesaikan tantangan secara mandiri.

Hampir semua keperluan proyek disiapkan dengan matang dan dapat menyelesaikan tantangan dengan sedikit bantuan guru.

Sebagian keperluan proyek disiapkan dan dapat menyelesaikan             sebagian tantangan secara mandiri.

Semua keperluan proyek tidak disiapkan dan menyelesaikan seluruh tantangan dengan bantuan guru.

 

Kontrol

Kondisi setelah pelaksanaan proyek dipantau dan dicatat secara berkala dalam lembar Kontrol.

Kondisi setelah pelaksanaan proyek dipantau namun hanya sebagian yang dicatat dalam lembar Kontrol.

Kondisi setelah pelaksanaan proyek dipantau sekali dan hasilnya dicatat dalam lembar Kontrol.

Siswa tidak memantau kondisi setelah pelaksanaan proyek.

 

Jurnal Refleksi

Peserta didik dapat menjelaskan hasil proyek, perkembangan diri, dan partisipasinya dalam proyek secara mendalam. Lembar jurnal refleksi diisi dengan lengkap.

Peserta didik dapat menjelaskan hasil proyek, perkembangan diri, dan partisipasinya dalam proyek. Lembar jurnal refleksi diisi dengan lengkap.

Peserta           didik           dapat menjelaskan hasil proyek/ perkembangan                    diri/ partisipasinya dalam proyek. Lembar jurnal refleksi tidak lengkap.

Tidak mengisi lembar jurnal refleksi

 

 

R U B R I K

 

P E N I L A I A N




 

 

 

 

 

 


Text Box: DAFTAR PUSTAKA











 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Text Box: LAMPIRAN


LEMBAR EKSPLORASI

 

 




 

 

 

 

 

 

 


 

NAMA: ...................

KELAS: ..................


JAWABAN SEHARUSNYA:

 

-----------------------------------------------------------------

 

-----------------------------------------------------------------


Nama: .........................................                                                                                                  Kelas : .........................................

Peta Pikiran Solusi

 


Isilah dengan solusi dari masalah yang muncul


Kamu dapat menambah

lingkaran baru


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NILAI





Nama: .........................................                                                                                                         Kelas : .........................................

Proposal Proyek

 

 

1.     




Apa masalah yang ingin diselesaikan?

2.     Bagaimana cara penyelesaian masalah tersebut?

3.    




Apa alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan proyek?

 


4.     Bagaimana langkah-langkah pembuatannya


NILAI



Nama: .........................................


Jurnal Refleksi Proyek


Kelas : .........................................




















 



Anggota: .........................................                                                                                                         Kelas : .........................................

Penilaian Produk

 

Aspek Penilaian

Nilai

Bobot

Jumlah

1

2

3

4

5

Kesesuaian Tema

 

 

 

 

 

10%

 

Kreasi dan Inovasi

 

 

 

 

 

10%

 

Kualitas Produk

        Kerapihan

        Bahan

        Warna

 

 

 

 

 

60%

 

Keindahan

 

 

 

 

 

20%

 

Jumlah

100%

 

Text Box: Nilai = (skor x bobot) / 5Kriteria penskoran 1: tidak sesuai (0%)

2: kurang sesuai (1-25%)

3: cukup sesuai (26-50%)

4: sesuai (51-75%)

5: sangat sesuai (76-100%)