Prakarya
(Pendidikan)
Oleh: smp negeri merekModul Ajar Prakarya
Kerajinan Tekstil


MODUL AJAR
KERAJINAN BAHAN SERAT DAN TEKSTIL
PRAKARYA – 7 (Ganjil)
Feby Fasya Nuur Syaffanah, S.Pd
SMP IT HAYATAN THAYYIBAH Kota Sukabumi
.GURU PENGGERAK.
Profil Pelajar Pancasila
Mandiri
Kreatif
Beriman dan Bertaqwa
Bernalar Kritis



Deskripsi Umum:
Peserta didik akan melakukan pembuatan kerajinan dari bahan serat dan tekstil sehingga dapat mengembangkan kemampuan kreativitas dalam bidang kerajinan
|
||||||||||
Model Pembelajaran: Tatap Muka
Kegiatan Pembelajaran: Individu
Metode Pembelajaran: Eksplorasi, Permainan, Diskusi, Demonstrasi, Project, Presentasi Asesmen: Individu (Observasi, Presentasi dan Produk)
|
|
|||
![]() |
|||

|
|
|
|
|
|
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
|
|
|
|
|
![]() |
![]() |

AKTIVITAS BELAJAR



![]() |


![]()
![]()

LEMBAR KEGIATAN:
LEMBAR EKSPLORASI (LAMPIRAN)



![]() |


![]()
![]()

LEMBAR KEGIATAN:
Peta Pikiran Solusi (Lampiran)



![]() |


![]()
![]()

LEMBAR KEGIATAN:
Proposal Proyek (Lampiran)



![]() |


![]()
![]()
Catatan:
Kegiatan dilakukan sesuai rancangan pada proposal proyek dan guru menilai sesuai rubrik penilaian melalui lembar penilaian produk.



![]() |


![]()
![]()
Catatan:
Kegiatan dilakukan sesuai rancangan pada proposal proyek dan guru menilai sesuai rubrik penilaian melalui lembar penilaian produk.



![]() |


![]()
![]()
LEMBAR KEGIATAN:
Jurnal Refleksi Proyek (Lampiran)
|
R U B R I K
P E N I L A I A N


![]() |
|||



NAMA: ...................
KELAS: ..................
JAWABAN SEHARUSNYA:
![]()
-----------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------
Nama: ......................................... Kelas : .........................................
Peta Pikiran Solusi
Isilah dengan solusi dari masalah yang muncul
Kamu dapat menambah
lingkaran baru

NILAI
![]() |
Nama: ......................................... Kelas : .........................................
Proposal Proyek
1.
![]() |
Apa masalah yang ingin diselesaikan?
2. Bagaimana cara penyelesaian masalah tersebut?

3.
![]() |
Apa alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan proyek?
4.
Bagaimana langkah-langkah pembuatannya
NILAI


Nama: .........................................
Jurnal Refleksi Proyek
Kelas : .........................................
![]() |
|||||||
![]() |
|||||||
![]() |
|||||||
![]() |
|||||||

Anggota: ......................................... Kelas : .........................................
Penilaian Produk
|
Aspek Penilaian |
Nilai |
Bobot |
Jumlah |
||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
|
Kesesuaian Tema |
|
|
|
|
|
10% |
|
|
Kreasi dan Inovasi |
|
|
|
|
|
10% |
|
|
Kualitas Produk • Kerapihan • Bahan • Warna |
|
|
|
|
|
60% |
|
|
Keindahan |
|
|
|
|
|
20% |
|
|
Jumlah |
100% |
|
|||||
Kriteria penskoran 1: tidak sesuai (0%)
2: kurang sesuai (1-25%)
3: cukup sesuai (26-50%)
4: sesuai (51-75%)
5: sangat sesuai (76-100%)


MODUL AJAR
KERAJINAN BAHAN SERAT DAN TEKSTIL
PRAKARYA – 7 (Ganjil)
Feby Fasya Nuur Syaffanah, S.Pd
SMP IT HAYATAN THAYYIBAH Kota Sukabumi
.GURU PENGGERAK.
Profil Pelajar Pancasila
Mandiri
Kreatif
Beriman dan Bertaqwa
Bernalar Kritis



Deskripsi Umum:
Peserta didik akan melakukan pembuatan kerajinan dari bahan serat dan tekstil sehingga dapat mengembangkan kemampuan kreativitas dalam bidang kerajinan
|
||||||||||
Model Pembelajaran: Tatap Muka
Kegiatan Pembelajaran: Individu
Metode Pembelajaran: Eksplorasi, Permainan, Diskusi, Demonstrasi, Project, Presentasi Asesmen: Individu (Observasi, Presentasi dan Produk)
|
|
|||
![]() |
|||

|
|
|
|
|
|
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
|
|
|
|
|
![]() |
![]() |

AKTIVITAS BELAJAR



![]() |


![]()
![]()

LEMBAR KEGIATAN:
LEMBAR EKSPLORASI (LAMPIRAN)



![]() |


![]()
![]()

LEMBAR KEGIATAN:
Peta Pikiran Solusi (Lampiran)



![]() |


![]()
![]()

LEMBAR KEGIATAN:
Proposal Proyek (Lampiran)



![]() |


![]()
![]()
Catatan:
Kegiatan dilakukan sesuai rancangan pada proposal proyek dan guru menilai sesuai rubrik penilaian melalui lembar penilaian produk.



![]() |


![]()
![]()
Catatan:
Kegiatan dilakukan sesuai rancangan pada proposal proyek dan guru menilai sesuai rubrik penilaian melalui lembar penilaian produk.



![]() |


![]()
![]()
LEMBAR KEGIATAN:
Jurnal Refleksi Proyek (Lampiran)
|
R U B R I K
P E N I L A I A N


![]() |
|||



NAMA: ...................
KELAS: ..................
JAWABAN SEHARUSNYA:
![]()
-----------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------
Nama: ......................................... Kelas : .........................................
Peta Pikiran Solusi
Isilah dengan solusi dari masalah yang muncul
Kamu dapat menambah
lingkaran baru

NILAI
![]() |
Nama: ......................................... Kelas : .........................................
Proposal Proyek
1.
![]() |
Apa masalah yang ingin diselesaikan?
2. Bagaimana cara penyelesaian masalah tersebut?

3.
![]() |
Apa alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan proyek?
4.
Bagaimana langkah-langkah pembuatannya
NILAI


Nama: .........................................
Jurnal Refleksi Proyek
Kelas : .........................................
![]() |
|||||||
![]() |
|||||||
![]() |
|||||||
![]() |
|||||||

Anggota: ......................................... Kelas : .........................................
Penilaian Produk
|
Aspek Penilaian |
Nilai |
Bobot |
Jumlah |
||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
|
Kesesuaian Tema |
|
|
|
|
|
10% |
|
|
Kreasi dan Inovasi |
|
|
|
|
|
10% |
|
|
Kualitas Produk • Kerapihan • Bahan • Warna |
|
|
|
|
|
60% |
|
|
Keindahan |
|
|
|
|
|
20% |
|
|
Jumlah |
100% |
|
|||||
Kriteria penskoran 1: tidak sesuai (0%)
2: kurang sesuai (1-25%)
3: cukup sesuai (26-50%)
4: sesuai (51-75%)
5: sangat sesuai (76-100%)














